5 Karakter Orang Kreatif

“Creativity is thinking up new things. Innovation is doing new things.”

– Theodore Levitt-

 

creative brain

Pernah mencoba berpikir kreatif? Orang-orang selalu tertarik pada banyak hal yang kreatif, dan menjadikan dirinya sebagai orang kreatif entah apakah orang tersebut adalah seorang seniman, desainer, penulis, siapapun dia membuat kita ingin tahu bagaimana cara dia berpikir. Aku bekerja di tempat di mana kreativitas diutamakan, dan Aku beruntung karena dikelilingi oleh orang-orang kreatif seperti @LiloSusilo dan @AlbertusEko serta teman-teman semua yang ada di BOHLAM ADVERTISING. Mereka sering kali mengundang untuk bergabung dalam pada sesi brainstorming. Aku bisa melihat ke dalam bagaimana mereka memproses pikiran dan konsep-konsep, dan akhirnya, datang dengan ide-ide brilian yang sangat inspiratif. Aku selalu percaya bahwa kreativitas bisa diasah, orang tidak perlu menjadi seorang seniman atau desainer untuk dipertimbangkan sebagai orang kreatif.

Aku percaya kita bisa kreatif dalam bidang apa pun yang kita masuk. Sebagai contoh, koki yang merupakan master kreatif di dapur, nelayan yang dituntut kreatif menangkap ikan sebanyak-banyaknya saat melaut dan sales man atau marketer yang berkutat dengan strategi untuk membangun bisnis. Aku belajar banyak dari mereka dan terdapat karakteristik tertentu dari mereka. Ada sifat tertentu yang saya percaya setiap orang memiliki kreatifitas. Coba kita lihat, apakah kamu memiliki salah satunya :

1. Orang-orang kreatif adalah orang yang penasaran

Mereka selalu dikelilingi pertanyaan-pertanyaan. Ketika mereka melihat atau menemukan sesuatu yang mereka tidak mengerti, mereka membuat upaya ekstra untuk belajar segala sesuatu yang mereka dapat tentang cara kerjanya, dan bagaimana hal ini dapat menguntungkan orang lain.

 2. Orang kreatif adalah orang yang suka tantangan.

Mereka tidak lari dari tantangan, tapi mereka memperlakukan diri mereka sebagai penakluk tantangan. Semakin besar tantangan, semakin membuat mereka tertarik.

 3. Orang kreatif adalah orang yang berani bereksprerimen.

Mereka adalah orang yang berani mengambil risiko, dan mereka tidak takut untuk mencoba sesuatu yang baru, entah apa hasilnya, sebuah alat atau kah rumusan. Bereksperimen adalah suatu cara bagi mereka untuk melihat apa yang bekerja dan apa yang tidak bekerja. Mereka tidak akan menunggu orang untuk mendikte tindakan-tindakan mereka, mereka lebih memilih untuk memimpin.

 4. Orang-orang kreatif memiliki standar tinggi

Mereka juga selalu merasa tidak cepat puas meskipun rencananya berjalan dengan baik. Mereka akan berhenti menemukan cara untuk membuat sesuatu yang lebih baik. Mereka tidak pernah berhenti belajar.

 5. Orang kreatif tahu bagaimana menerima dan memberikan kritik konstruktif.

Tidak peduli apa yang kita lakukan, orang lain akan selalu memiliki penilaian untuk menanggapi tentang apa yang kita lakukan, apakah itu baik atau buruk. orang-orang kreatif bisa menerima kritik dan mengubahnya menjadi peluang. Karena mereka memiliki standar tinggi, mereka berulang kali berharap mendapat masukan dari orang lain untuk menjadi yang terbaik.

Nah itulah 5 karakteristik orang kreatif, semoga kamu..kamu..kamu termasuk di dalamnya 😀

Advertisements

Silakan Komen

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s