[Review] Armageddon AK-300 : Multimedia++ Gaming Keyboard

Beberapa hari yang lalu saya sedikit diracuni rekan saya soal gaming gear. Kebetulan juga saat itu ane lagi butuh ganti Keyboard karena keyboard yang lama sudah keras tombolnya dan mengurangi kenyamanan dalam mengetik curahan hati #Halah. Setelah tanya n browsing dikit saya fokusin dah nyari multimedia keyboard. Tapi sedihnya, nih..temenku satu itu gk mau jelasin bedanya keyboard gaming dengan keyboard multimedia, dia langsung ngajakin ke toko langganan dia kalo beli gaming gear, katanya sih paling lengkap dan ready stock. Sampai juga akhirnya ane n temen ane main ke toko komputer di Jogjatronik, dan ternyata memang ada salah satu toko peripheral gaming yang cukup populer disana (sebut saja Gamer :P), kami langsung ngendon di toko tersebut dan liat2. Abis tanya-tanya soal keyboard (daripada cuman liat-liat doank gk tanyak dikira sombong :D) akhirnya saya memutuskan untuk beli yang multimedia saja, tapi merknya merk gaming gan hahaha.. Yupp, saya memilih Keyboard Multimedia besutan Armaggeddon AK-300. Ternyata dapet harga cukup mahal dibanding dengan toko lain. Tapi saya disini gk mau bandingin harga, toh rejeki orang sudah diatur sendiri-sendiri, tapi mungkin saya harus mengakui kalo saat itu.. Saya Khilaf 😦 #hadeh

Image

Ok, langsung aja kita check barangnya. Pertama, adalah soal bungkusnya..hahahha.. Di Dunia Gaming Gear itu ternyata Product Packaging juga banyak yang menarik dan keren-keren. Tidak ada salahnya kan menilai packaging dulu, kasian tauk yang bikin udah susah-susah eh taunya gk dinilai. Ok, Packaging Armaggeddon Ak-300 ini terbilang cukup simple, kotak gepeng, persegi panjang dengan kombinasi warna kuning dan hitam khas Armaggeddon. Keunggulan utama keyboard Armaggeddon AK-300 ini adalah :

1. Gaming Keyboard Styling

2. Replacement Gaming Keycaps included

3, Multimedia. Functional keys for direct media functions.

Image

Yaap, 3 fitur itulah yang menjadi keunggulan keyboard ini. Untuk spesifikasi lebih lengkapnya :

  • * Multimedia keys for direct media functions
    * 3-segment gaming keyboard with 124 keys
    * Keyboard interface: USB wired
    *Cable length: 1.6 meters
    * Keyboard Size: 485(L) x213(W) x30(H)[mm]
    * Total weight: 750g
    * Replacement gaming key caps included.

Armageddon Ak-300

Menurut Google kalo pemirsa sekalian mengetikkan “AK-300” ke google maka tidak asing ente skalian akan menemukan varian warna dan bentuk yang berbeda, secara kasat mata yang terlihat berbeda adalah AK-300 sebelum versi seperti punya saya adalah keycaps warna merah dan logo Armaggeddon yang bulat. Tapi overall fiturnya pasti samalah.. memang orang toko waktu itu pernah bilang, versi sebelumnya warna keycaps WASD berwarna merah. Tapi ane dapet yang versi terbaru yaitu warna kuning, menurut selera saya kuningnya gonjreng bingit jadi kurang cocok sama selera warna ane sih.

Penampakan Armaggeddon AK-300

Kedua, adalah kesan pertama (first impression). Dilihat dari teksture-nya keyboard doff banget ato keset pada bagian abjad dan numeric-nya. Pada fungsi multimedia di bagian tas dibalut dengan glossy tapi sedikit lebih keras dibandingkan dengan tombol abjad n angkanya. Bagi yang sering berkeringat apalagi kalo lagi chatting ama cewek trus grogi, keyboard ini bisa jadi pilihan. Selain itu tombolnya juga empuk banget. Di Harga 100-an ribu rupiah pengen cari keyboard multimedia empuk bisa cobain Armaggeddon AK-300 ini, gan. Kabel memakai USB bukan lagi PS/2 kek jaman dulu gan, karena nggak bakal copat-copot tuh usb, ane biasa tancepin belakang CPU deh. Ketika udah nyolok ke USB, logo Armaggeddon bergambar burung elang ini nampak menyala orange. Kelebihan lain keyboard ini menurut saya ada di porsi handrest yang cukupan untuk membuat pergelangan tangan kita nggak cepet capek ngetik 300-an kata dalam 1 halaman :D. Oiyaa, kalo boleh jujur bahan plastiknya terkesan murahan kalo dibanding dengan produk keyboard multimedia gaming lainnya.

Ketiga yaitu Fungsi. Secara fungsi sih sebenernya udah cukup menjawab kebutuhan multimedia++. Kok ada (++) kayak salon aja 😛 hahah.. Untuk menjawab kebutuhan multimedia keyboard Armaggeddon AK-300 dilengkapi dengan tombol multimedia yang terletak di atas sebelah kanan. Tombol multimedia ini mencakup :

1. Media : Tombol ini fungsinya untuk membuka media player kita, kebetulan ane pake Windows, jadi yang keluar adalah Windows Multimedia Player (bawaan Windows).

2. Play/Pause : Tombol ini gunanya untuk memutar lagu yang ada di playlist windows multimedia. Atau ketika lagu sudah kita putar kita tekan tombol ini maka akan Puse lagu tersebut.

3. +Vol : Fungsinya untuk menambah volume pada windows kita, ingat bukan volume multimedia player-nya loh.

4. -Vol : Fungsinya untuk mengurangi volume pada windows kita, ingat lagi yah gan, bukan volume multimedia player-nya.

5. Mute : Fungsinya untuk mematikan suara lagu atau video yang sedang kita putar.

tombol multimedia

Lalu kita bahas juga tombol ++ (baca:ples-ples) yang ada di keyboard Armaggeddon AK-300 ini, yaitu :

1. My Computer : gunanya untuk membuka windows explorer atau sama aja ente teken logo windows + E.

2. Email : Jujur tombol ini jarang ak pencet gan, soalnya dia akan membuka windows outlook. Terbiasa ngimel pake MS. OutLook?

3. Search : Tombol ini untuk membuka search pada windows kita, misal kita lupa naroh file tertentu tapi inget nama file-nya maka jalan pintasnya tekan tombol ini gan.

4. Calculator : Tombol ini fungsinya untuk menjalankan aplikasi kalkulator bawaan pada windows kita gan. Buat yang suka ngikuti perkembangan gadget and PC Pheriperal pasti sering kepake nih tombol karena banyak toko komputer yang tiap hari harganya bisa berubah ngikutin kurs $ dollar gan.

5. Internet : Tombol ini berguna untuk jalan pintas akses browser kita gan, kalo ane default-nya udah ane sett ke Chrome buka IE.

tombol media plusplus

Bagi yang suka game, kan seringnya mencet tombol A, W, S dan D serta tombol arrow. Maka dalam paket penjualannya dibekali tombol tersebut, silakan ente replace dengan mencukil tiap tombol yang ingin diganti. hati-hati soalnya dalam paket penjualannya tidak disertakan keycap puller. Tapi ente bisa gunakan dengan cutter lalu cungkil pada salah satu sisi tombol yang ingin diganti. memasangkannya jelas lebih mudah daripada mencungkilnya..hehe.

Pros :

+ Cheap Multimedia Gaming Keyboard.

+ Replacement gaming key caps.

+ Tombol yang cukup empuk dan nyaman.

Cons :

– Bahan plastik yang terkesan murahan.

– Tombol windows yang tidak dapat di lock untuk gaming

– Bukan Keyboard anti-ghosting

Kisaran harga (update Mei 2014) : Rp 165.000,- s/d Rp 175.000.-

Kesimpulan

Keyboard Armaggeddon AK-300 ini sudah menjawab kebutuhan multimedia dan gaming untuk pemula okelah udah bisa mejeng pake keyboard gaming. Fiturnya sudah cukup mumpuni untuk multimedia, tapi untuk gaming masih banyak kekurangan. Buat yang punya budget cekak ini jangan cedih yaa kak, ente tetep bisa beli keyboard gaming looks ini kok, apalagi kalo beli second dapet separoh harga, beuhhh..hahaha..

Advertisements

6 thoughts on “[Review] Armageddon AK-300 : Multimedia++ Gaming Keyboard

  1. Enjelita Pusparini says:

    Hi. Saya juga pake ini hihi.
    Emang ya, kategorinya murah banget untuk yang seperti ini. Abisnya lumayan empuk dan nyaman dipakai 🙂

Silakan Komen

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s