Verified Seller FJB Kaskus : Cara Mudah Menjadi Penjual Terpercaya

Hae gaez,

Beberapa waktu yang lalu saat ngaskus, pada fitur FJB Activities kok ada tombol “Verified Seller” yaa? Dan ternyata kaskus saat itu sedang mengadakan survey online mengenai “trust” para seller dimata calon konsumen FJB kaskus. Sebelumnya dari tahun ke tahun memang kalo kita mencari barang di FJB Kaskus banyak banget tuh lapak tipu-tipu yang dibuat oleh para oknum tidak bertanggung jawab. Bagi temen-temen online yang jarang cari barang di FJB atau belum pernah cari barang di FJB Kaskus mungkin merasa kesulitan membedakan lapak mana yang terpercaya dan lapak mana yang tukang tipu (disitu kadang saya merasa sedih, gan 😦 )

Hasil survey tersebut mengilhami rumusan fakta yang terkandung dalam sebuah email dari FJB CS KASKUS ( fjbcs@kaskusnetworks.com ) yang isinya adalah :

Survey terhadap 500 Buyer menunjukkan bahwa reputasi adalah faktor paling utama dalam memilih Seller yang terpercaya di FJB. Berangkat dari fakta ini, KASKUS meluncurkan fitur baru yaitu “Verified Seller” yang akan memperkuat reputasi Anda sebagai Seller di FJB serta meningkatkan keyakinan Buyer untuk memilih Anda! Hanya dengan melengkapi data diri, Anda akan menjadi Verified Seller KASKUS, gratis selama periode promosi. Segera daftarkan diri Anda dan nikmati untung berlipat ganda!

Dalam email tersebut juga disebutkan bahwa cara mendapatkan status “Verified Seller” cukup mudah dengan 3 langkah saja setelah login akun Kaskus anda yaitu cara verified seller kaskus

Yupp, Kaskus sekarang ini resmi memiliki fitur baru yaitu status Kaskus Verified Seller dimana fitur ini saya pikir adalah sebuah solusi yang bagus diterapkan di FJB Kaskus. Keuntungan bagi penjual (seller) adalah

  1. Menjadikannya seorang penjual terpercaya.
  2. Memiliki reputasi yang bagus, so pasti layak dapet icon recomended seller  (biasa ditemukan di testimony seller nih icon)
  3. Dan yang terakhir fitur ini tentu dapat mendongkrak omzet penjualan agan.

Lalu, apa untungnya bagi Buyer ? tidak lain adalah mempermudah mencari barang yang diinginkan tapi dari seller yang jujur dan dapat dipertanggung jawabkan lapaknya. 3 langkah mudah mencari barang yang anda inginkan di FJB Kaskus dari Verified Seller :

1. Klik FJB

fjb ijo kaskus

2. Ketik barang yang anda cari di kolom “Cari disini”

kolom search kaskus

3. Setelah keluar hasil pencarian barang, lihat pada fitur selektif kaskus di sebelah kiri. Ganti All dan Aktifkan Verified Seller Only lalu klik Refine Search. Fitur ini menjadi filter yang bagus bagi pembeli dalam mendapatkan lapak terpercaya seller Kaskus.

kolom verified kaskus

Menarik bukan? Nah sekarang bagaimana cara mendapatkan Verified Seller di Kaskus, ikuti stepnya yaa gan.

  1. Siapkan Akun anda, biasanya sih kaskuser punya 2 akun atau lebih bahkan tapi salah satunya khusus untuk jualan, tapi it’s OK gk masalah yang penting punya dan bisa login masuk, yang belum punya bisa daftar di SINI
  2. Siapkan hasil scan halaman yang berisi informasi no.rekening dan Cap Bank pada Buku Tabungan Anda.
  3. Siapkan hasil scan KTP atau e-KTP anda yang berisi data diri anda saja.
  4. Siapkan hasil scan Kartu NPWP anda yang berisi data diri termasuk nomor NPWP.
  5. Klik Akun anda yang berada di kanan atas, pilih FJB Activities, lalu klik aja Verified Seller.
  6. Nanti akan berada pada halaman yang berisi Data Pribadi Seller dan wajib diisi yaa gan.kolom data diri verified seller

7. Kemudian kolom di bawahnya ada Informasi Rekening Bank yang juga wajib diisi. Silakan upload duluan aja hasil scan buku bank agan. Tar ketiknya kalo udah upload, jadi tinggal nyontek aja. Hasil scan harus ada informasi no.rekening, pemilik rekening atas nama siapa, di bank cabang mana membuat rekening bank tersebut, tanda tangan dari pihak bank

kolom bank verified seller

8. Berikutnya adalah kolom Data Diri Agan berdasar KTP/SIM kalo ane kebetulan KTP gan. Upload dulu aja tar ketiknya tinggal liat data KTP gan.

kolom data diri ktp verified seller

9. Yang terakhir adalah upload hasil scan NPWP. hanya tinggal isi nama dan no. NPWP. inget gan, nomor NPWP diatas yaa gan, jadi bukan nomor NIK pada kartu NPWP agan.

kolom npwp verified seller

 

10. Klik kirim aja gan, tunggu diproses dulu 1-2 hari kerja.

4 Tips Mendapatkan Kaskus Verified Seller :

1. Usahakan scan menggunakan scanner tetep jadi prioritas gan, opsi lain bisa pake kamera, atau bahkan kamera Handphone, yang penting data jelas terlihat gan.

2. Kompress hasil scan/foto usahakan bekisar 100kb sukur-sukur dibawahnya untuk mempermudah dan mempercepat upload. hasilnya berwarna dan format JPEG yaa gan 😀

3. Isi data lengkap sesuai yang tercantum pada buku tabungan, ktp dan npwp agan.

4. Usahakan scan/foto dari e-KTP yang memang masa berlakunya lebih lama dari KTP sebelumnya gan. (ini penting gan, ada efeknya baca lebih lanjut yaah)

Info Penting :
1. Pastikan tidak ada kesalahan dalam pencantuman nomor rekening dan informasi rekening yang diberikan.
2. Nomer rekening Anda tidak akan kami publikasikan.
3. Pendaftaran sebagai Verified Seller memerlukan data-data legal di bawah hukum yang berlaku di Indonesia. KASKUS akan melakukan tindakan tegas jika data yang dilampirkan ternyata palsu.

OK, dan hasilnyaaaa…   Ane dapet email dari FJB kaskus gan 😀 wahh senengnyaaa.. Dan beneran ketika dibuka judul pesannya “Selamat! Anda Sudah Menjadi KASKUS Verified Seller!”

Isi pesan email tersebut adalah

Dear yokelgibes,

Selamat! Data Anda sudah kami verifikasi dan Anda sudah berhasil menjadi KASKUS Verified Seller!

Tag Verified Seller Anda akan habis masa aktifnya bila tanda pengenal Anda (KTP/SIM) sudah habis masa berlakunya.

Tag Verified Seller Anda juga bisa dicabut jika:

1. Username KASKUS di-banned
2. Terdapat transaksi yang bermasalah
3. Terdapat laporan negatif dari user KASKUS lain yang dapat dibuktikan kebenarannya

Silakan kunjungi Syarat dan Ketentuan Verified Seller (direct to http://help.kaskus.co.id/jual-beli/verified_seller.html) untuk informasi lebih lengkap.
atau hubungi fjbcs@kaskusnetworks.com untuk bantuan lainnya.
Terima kasih

Salam

FJB KASKUS

Nah kan, Tag Verified Seller Anda akan habis masa aktifnya bila tanda pengenal Anda (KTP/SIM) sudah habis masa berlakunya (tips ane no.4) kalo sim lebih panjang masa berlakunya pake SIM aja gan. hehehe

Well, selanjutnya apakaha ada perubahan pada akun kaskus saya?

1. Ucapan selamat klik FJB Activities >> Verified Seller

selamat sudah verified seller

2. Salah satunya yang membanggakan adalah bertambahnya Badge Kaskus gann…Awwwww..

kaskus badge

kaskus badge1

3. Lihat lapak jualan agan, pasti ada Badge Verified Seller yang merupakan status bahwa agan penjual terpercaya.

seller kaskus verified

Oiyaa, sebenernya fitur Verified Seller ini sudah diterapkan oleh kaskuser pada tiap-tiap regional sebelumnya, mereka membuat “badge”  sendiri untuk para seller berdasarkan lokasi regionalnya. Semoga dengan bertambahnya Official Kaskus Verified Seller ini tetap menambah kepercayaan seller terhadap para calon pembeli FJB Kaskus yaah.. amiin. Apa bedanya dengan Kaskus Donatur? Kalo menurut ane sih keduanya (Kaskus Verified Seller dan Kaskus Donatur) merupakan fitur bagi seller Kaskus yang mana pihak kaskus mendapatkan data seller untuk pertanggung jawaban atas apa yang dijual di Kaskus, Kaskus Verified Seller (sementara ini) Gratis, sedangkan Kaskus Donatur Berbayar gan, tapi memang pada fitur kaskus donatur lebih banyak kemudahan yang ditawarkan.

Duhh udah kepanjangan yaa, Baiklah agan-agan yang budiman, akhir kata dari ane semoga fitur baru Kaskus Verified Seller ini bisa meminimalkan aksi penipuan para seller tidak bertanggung jawab yang ada di FJB Kaskus. Happy Shopping, Gan!!

Advertisements

19 thoughts on “Verified Seller FJB Kaskus : Cara Mudah Menjadi Penjual Terpercaya

  1. Kok munculnya gini ya di menu fjb activities >> verified seller.
    https://fjb.kaskus.co.id/activities/verified-seller

    Anda belum bisa mengakses halaman ini karena belum terdaftar sebagai Verified Seller Lihat Syarat dan Ketentuan. Jika Anda berminat mendaftar sebagai Verified Seller, silakan isi Verified Seller Request Form ini. KASKUS akan mengirim email Verified Seller Invitation jika Anda berkesempatan mendaftar sebagai Verified Seller.

    • Iyaa, pengalaman ane waktu itu adalah mengisi request form dl, tampilannya kayak google docs gan, tinggal isi beberapa pertanyaan yang ada di form itu, abis itu nunggu balasan email (bisa 1minggu) untuk aktivasi Verified Seller (butuh max 2hari). Semoga lancar gan 😀

  2. Holy says:

    gan, ane udah jadi verified seller, tapi kenapa dibagian seller info, badge ane gak muncul ya? cuman dibagian profil aja, kira2 kenapa yah? apa badge agan udah muncul waktu itu? (kolom seller info)

Silakan Komen

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s